Jumat, 23 Januari 2009

KONSULTASI

Bp. Totok Yth.
Saya seorang ibu rumah tangga dan suami saya sekarang bekerja di sebuah perusahaan swasta di Madiun, dengan satu orang anak. Kami berpikir untuk membeli salah satu produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, yaitu unitlink. Tapi kami belum tau banayak mengenai produk ini. apa yang harus kami lihat dan pertimbangkan waktu memilih produk unit link ini?
Demikian pertanyaan kami. Sebelumnya terima kasih.

Ibu E. Wahyu S.
Madiun


Ibu Wahyu yang baik,
Keinginan ibu untuk membeli produk keuangan unitlink adalah langkah yang baik. Tapi pembelian ini harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga berkenaan dengan perihal investasi dan proteksi. Karena pada dasarnya produk unit link memberikan Anda dua hal dalam satu produk, yaitu protesi terhadap berbagai risiko dan investasi.
Sebelum lebih jauh, secara umum produk unitlink ada dua jenis, yaitu yang fokus terhadap investasi dan yang memberikan proteksi beragam. Untuk yang fokus pada investasi umumnya merupakan single premi / premi tunggal. Di mana Anda hanya membayar sekali dan proteksinya juga sangat minimum. Sebagai besar premi yang dibayarkan diinvestasikan.
Tapi produk unitlink yang memberikan alternatif proteksi biasanya merupakan unitlink dengan premi berkala. Produk unitlink ini menawarkan pilihan jenis proteksi mulai dari manfaat meninggal sampai manfaat hidup juga Perlindungan terhadap Penyakit yang Tidak Tersembuhkan serta Perlindungan Tambahan seperti :
•CommAddb (perlindungan terhadap meninggal dan cacat karena kecelakaan).
•CommAdb (perlindungan terhadap meninggal karena kecelakaan).
•CommCrisisCover30 (perlindungan terhadap 30 jenis penyakit kritis).
•CommDisability (perlindungan terhadap cacat tetap total).
•CommWiever (pembebasan premi).
•CommSpouse (pembebasan premi bagi pasangan).
•CommPayor (pembebasan premi bagi pembayar).
•CommPayorPlus (pembebasan premi bagi pasangan pembayar).
•Danatra Medika (penggantian biaya rawat inap dan pembedahan)

Jadi dengan pilihan seperti ini, yang pertama harus ditetapkan adalah tujuan Anda membeli produk unitlink ini, apakah untuk berinvestasi atau untuk berinvestasi dengan tambahan berbagai proteksi? Kalau memang Anda hanya fokus terhadap investasi, pilihan produk unit link premi tunggal bisa menjadi pilihan. Tapi yang perlu dipahami disini, investasi yang nanti dipilih tidak dijamin oleh perusahaan asuransi.
Risiko kerugian harus ditanggung oleh pemegang polis, dalam hal ini Anda. Saran kami, sesuaikan pilihan investasi dengan toleransi risiko Anda. Pilihan jenis investasi umumnya ada yang di pasar uang, pendapatan tetap, managed fund atau saham.
Tadi kalau tujuan utama Anda hanyalah untuk investasi. tapi bagaimana bila Anda juga memiliki kebutuhan akan proteksi? Maka kalau itu yang menjadi tujuan, produk unitlink dengan premi berkala bisa menjadi pilihan. Sebelumnya, harus ditetapkan proteksi apa saja yang dibutuhkan, karena umumnya produk ini memberikan banyak manfaat proteksi.
Semakin banyak manfaat proteksinya semakin mahal pula preminya. Jadi tentukan dulu jenis proteksi apa yang Anda inginkan. Setelah itu Anda tetapkan sekarang baru pilihan alternatif jenis investasinya. Seperti yang kami sampaikan diatas, investasi dalam produk unitlink tidak dijamin oleh perusahaan asuransi. Oleh karenanya, sesuaikan jenis investasi dengan toleransi risiko Anda, jangka waktu investasi yang diinginkan dan kebutuhan akan tingkat likuditas.
Keunggulan produk ini, bisa dilihat dari tingkat fleksibilitasnya. Beberapa ciri fleksibilitas yang diberikan produk ini adalah sebagai berikut:
•Fasilitas Top Up (Penambahan), Switching (Pengalihan, dan/atau Withdrawal (Penarikan Sebagian) atas Nilai Investasi Anda sewaktu-waktu, sementara Anda dan keluarga tetap terlindungi.
•Perlindungan Tambahan khusus untuk Premi Berkala.
•Informasi perkembangan Single Unit Price (Harga Unit) di media cetak. Pusat Layanan Nasabah dan website resmi Commonwealth Life. www.commlife.co.id
•Laporan Pernyataan Transaksi (atas Nilai Investasi yang sudah terbentuk) dikirimkan kepada Anda setiap kuartal. https://services.commlife.co.id/customer/
Kemudian, produk ini juga memberikan transparansi yang cukup baik, dimana biaya proteksi dan investasi dipisahkan. Sehingga Anda dapat mengetahui perkembangan investasi yang ditempatkan sewakut-waktu.
Demikianlah sekelumit penjelasan yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Bp. Totok Yth.
    Saya seorang ibu rumah tangga dan suami saya sekarang bekerja di sebuah perusahaan swasta di Madiun, dengan satu orang anak. Kami berpikir untuk membeli salah satu produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, yaitu unitlink. Tapi kami belum tau banayak mengenai produk ini. apa yang harus kami lihat dan pertimbangkan waktu memilih produk unit link ini?
    Demikian pertanyaan kami. Sebelumnya terima kasih.

    Ibu E. Wahyu S.
    Madiun

    BalasHapus